Senin, 11 Juni 2012

Bikin One Note???? Siapa Takut???


Era globalisasi kini semakin menuntut manusia untuk menguasai berbagai teknologi mutakhir, Karena tak dapat terelakan lagi bahwa teknologi sekarang ini telah menyentuh dalam semua lini kehidupan manusia. Meskipun akan ada dampak negatif karena peran manusia akan banyak yang tergantikan oleh mesin, namun teknologi juga banyak meringankan dan memudahkan aktifitas manusia.
Salah satu teknologi yang kini sudah tak asing lagi di masyarakat adalah komputer. Komputer sekarang ini telah jauh berkembang dengan berbagai aplikasi di dalamnya. One note adalah salah satu aplikasi yang sangat bermanfaat untuk pengguna komputer.
OneNote adalah program yang di-khusus-kan untuk keperluan pencatatan, berbeda dengan Microsoft Word yang merupakan program pengolah kata. Dengan OneNote kita mungkin bisa dengan mudah mencatat apa saja yang terlintas di pikiran dan mengelompokkannya secara teratur. Karena OneNote mengorganisasi ide dan pemikiran dengan baik. Prinsip kerja one note tak ubahnya sebagai binder catatan. Kita dapat dengan mudah mengklarifikasikan beberapa data yang sejenis, lalu memberi tanda dari beberapa klarifikasi tersebut.
Selain cara pengoprasiannya yang mudah, one note juga memiliki banyak fasilitas, diantaranya:
1.    fasilitas Search, ini akan memudahkan kita ketika lupa dimana meletakan tulisan atau file-file tertentu. misal: mencari catatan kuliah psikologi sosial, maka kita dapat menemukannya dengan mudah. Kita juga dapat menyisipkan Foto atau documen lainnya dalam halaman yang telah kita buat, kita juga dapat mengedit tulisan kita dengan warna, Stabillo, coretan pensil warna dan fasilitas lainnya untuk memperindah catatan-catatan kita.
2.    fasilitas icon dengan tulisan Clip dimana kita dapat memotret layar yang sedang tampil di monitor dengan cara menyeleksinya terlebih dahulu dan kemudian dapat menjadikannya format gambar.
3.    Fasilitas Save automatic sehingga Saat kita selesai menulis dan akan keluar dari program ini kita juga tidak perlu men-save nya karena semua dilakukan secara otomatis oleh Microsoft Office OneNote 2007. Tinggal Close saja, nanti saat kita membuka program ini lagi, kita akan berada di halaman dimana terakhir kita mengedit nya. OneNote secara otomatis akan menyimpan semua yang kita tulis tanpa perlu memakai perintah save seperti biasanya. Di OneNote bahkan tidak ada perintah save. Ini sangat memudahkan kita untuk menulis catatan-catatan penting secara cepat.
4.    Fasilitas Insert – Tag – To do Yaitu sebuah kotak kecil di depan tulisan, yang mana ibarat sebuah jadwal kegiatan, dan bila kita telah menyelesaikan pekerjaan itu kita bisa memberikan tanda centang di checkbox tersebut.
5.    Dikelompokkan dalam tab dan halaman. Semua catatan dikelompokkan dalam beberapa tab (disebut section), dan setiap tab dibagi lagi menjadi beberapa halaman. Ini memudahkan pengorganisasian semua catatan sehingga kita bisa dengan mudah menemukan catatan yang kita cari.
6.    Setiap halaman bisa berisi banyak catatan. Untuk setiap halaman, kita bisa membuat banyak catatan sekaligus. Cukup klik di mana saja di halaman itu dan kita bisa mulai menulis. Setiap catatan bisa digeser ke mana saja kita mau sehingga posisi catatan menjadi sangat fleksibel, tidak kaku seperti di Microsoft Word.
7.    Bisa membuat outline. Kita bisa membuat outline dalam setiap catatan. Ini berarti untuk setiap baris item, kita bisa membuat catatan detailnya yang dapat ditampilkan atau disembunyikan. Ini memudahkan dalam mencatat dan mengembangkan ide, sebab kita bisa melihat gambaran besar maupun detail dengan mudah.
8.    Semua catatan ada di satu tempat. Kalau kita menulis catatan kita di file teks atau Microsoft Word, biasanya ada banyak file untuk semua catatan kita, satu file untuk setiap jenis catatan. Ini menyulitkan kita saat hendak menuliskan catatan, karena kita harus mencari dulu file yang sesuai dan membukanya. Begitu pula saat kita hendak melihat catatan yang sudah ditulis, kita harus menemukan dulu file yang dimaksud. Bisa jadi ada file yang tercecer di Explorer karena banyaknya file-file yang kitan simpan. Dengan OneNote, semua catatan kita ada di satu tempat (atau lebih gampangnya sebut saja semua file-file Word kita ada di satu buku). Mudah ditemukan, lengkap dan tidak akan ada yang hilang atau tercecer.
9.    Menyimpan catatan dalam bentuk suara,
10.  Menyimpan foto atau gambar,
11.  Menyimpan tulisan tangan
12.  Masih banyak lagi fitur OneNote lainnya yang mungkin akan kita dapat seiring berjalannya waktu kita menggunakan software ini. Kita akan semakin termudahkan ketika kita telah terbiasa menggunakan aplikasi ini.
Selamat berOne Note ria Guys.....
By: Tri yaumil F.



1 komentar:

  1. aplikasi one note akan sangat bermanfaat ketika kita telah terbiasa menggunakannya...

    BalasHapus